Monday, December 19, 2011

Review Buku : A Wrinkle in Time (Kerutan Dalam Waktu)



Penulis : Madeleine L'Engle
Penerbit : Atria
3 stars

Awal menerima buku ini, aku tidak terlalu optimis akan menikmatinya. Mengapa? Karena aku berpikir kalau aku terlalu “tua” untuk membaca cerita anak-anak. Apalagi buku ini ber-genre fiksi ilmiah, yang jujur saja, bukan genre favoritku ;) Tapi kemudian aku teringat ungkapan “There is a child in everyone”. Aku berpikir, hey, mungkin itu juga berlaku buatku ! Akhirnya, kuputuskan, “why not? Let’s give it a try :).

Buku ini berkisah tentang Margaret “Meg” Murry, anak sulung dengan 2 adik laki-laki kembar dan seorang adik bungsu berusia 5 tahun bernama Charles Wallace. Mr. dan Mrs. Murry, orangtua anak-anak ini, adalah sepasang ilmuwan. Meg sendiri jago matematika, namun selalu bermasalah di sekolah. Semua itu diperparah dengan penampilan yg kurang menarik : kacamata, kawat gigi, dan rambut berantakan. Meg paling sering bermasalah kalau ada yg menghina keluarganya : adiknya Charles Wallace yang dianggap idiot oleh teman dan tetangga, tapi terutama karena ayah mereka yang menghilang tanpa kabar hingga digosipkan minggat dengan wanita lain..

Di suatu malam yang diamuk badai, Meg akan segera mengalami petualangan yang tak 'kan pernah dibayangkannya. Dimulai dengan perkenalannya dengan Mrs. Who, Mrs. Whatsit & Mrs. Which, Meg, Charles Wallace beserta seorang teman sekolah, Calvin memulai petualangan untuk mencari ayahnya yang menghilang dengan menembus ruang, waktu bahkan melintasi dimensi kelima. Bertemu dengan kekuatan jahat yg disebut ITU, yang hanya dapat dikalahkan dengan sesuatu yang Meg miliki tapi belum disadarinya.

Harus kuakui, 100 hlm pertama buku ini belum membuatku terlalu bersemangat, tapi setelah itu aku tidak sanggup meletakkannya! Aku sangat terharu dengan keyakinan Mrs. Murry bahwa suaminya tidak berkhianat dan suatu hari akan pulang, kecintaan Meg pada keluarganya, terutama pada adik bungsunya, Charles Wallace. Bagaimana ia tetap menyayangi dan membela Charles Wallace yang dianggap aneh dan idiot karena tidak berlaku layaknya anak-anak seusianya.. 

Bagian favoritku adalah cara yang akhirnya ditemukan Meg untuk mengalahkan ITU..  

0 comments:

Post a Comment

 

Let's Talk About Books Copyright © 2011 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by web hosting